fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
Harga Gas Elpiji 12 Kg Akan Naik 50% Lebih

Sun08312014

Last update10:35:49 AM GMT

B RADIO

Back Berita Berita Nasional Harga Gas Elpiji 12 Kg Akan Naik 50% Lebih

Harga Gas Elpiji 12 Kg Akan Naik 50% Lebih

  • PDF
gas_elpiji_12_kg
Anggota Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat Dewi Aryani menilai kenaikan harga gas elpiji 12 kilogram sekitar Rp 4.000 per kilogram akan mempengaruhi daya beli masyarakat. " Tidak hanya soal daya beli elpiji, tapi efek domino dari kenaikan itu juga harus menjadi perhatian serius," katanya ketika dihubungi, Kamis, 2 Januari 2014.

 

Dewi menuturkan, berapa pun kenaikan harga gas elpiji, hal itu akan membebani masyarakat. Soalnya, situasi ekonomi yang diperkirakan masih sulit pada 2014 ini akan menjadi beban tersendiri.

Ia juga menilai kenaikan harga gas elpiji 12 kilogram ini harus diimbangi dengan penjelasan dan sosialisasi terhadap masyarakat agar tidak terjadi keributan. Selain itu, rasionalitas harga produksi juga harus diselaraskan dengan daya kondisi masyarakat saat ini.

"Pertamina harus transparan menjelaskan untung ruginya. Apa benar kenaikan karena ongkos produksi yang tinggi atau faktor manajemen yang kurang jeli," kata Dewi.

Sebagai entitas bisnis, menurut dia, Pertamina memang berhak mengatur harga produk dan layanan kepada masyarakat. Namun, badan usaha milik negara ini juga harus melihat kemampuan dan kondisi psikologis penerimaan rakyat terhadap harga. Kebijakan harga oleh Pertamina sebagai BUMN harus melihat variabel-variabel lain di luar komersial.

Sebelumnya, juru bicara PT Pertamina Ali Mundakir memastikan bahwa kenaikan harga elpiji 12 kilogram dari harga resmi awalnya 70,2 ribu rupiah menjadi 117,7 ribu rupiah dinilai tidak memberatkan masyarakat. Hal ini karena masyarakat yang biasa menggunakan elpiji 12 kilogram adalah kalangan mampu dan digunakan dalam jangka waktu 1 sampai 1,5 bulan

Jogja Adventure

iklan_trip